Media

5 cara optimalkan media sosial untuk pemasaran
By Widyanto Gunadi - 7 May 2018
141 Views

Media sosial memang telah menjadi salah satu primadona di zaman teknologi seperti sekarang ini. Semua orang dapat dengan mudah menciptakan citra tentang diri mereka. Para pengguna media sosial juga bisa mengunggah serta mempromosikan berbagai hal melalui jenis media yang satu ini. Namun, ada lima trik khusus yang harus Anda ketahui dalam melakukan promosi atau pemasaran melalui media sosial supaya hasilnya lebih maksimal. Mari disimak!

Sempurnakan profil media sosial Anda

Dalam membangun sebuah merek dan kesadaran banyak orang akan suatu bisnis baru yang Anda buat, image yang ditampilkan sangatlah penting. Memang, tampilan ini mungkin hanya dilihat sebentar saja. Namun dalam strategi pemasaran yang efektif, tampilan yang baik harus mampu membuat orang teringat akan merek Anda walau hanya sebentar dilihat.

Oleh karenanya, sempurnakan tampilan media sosial Anda yang dipergunakan untuk tujuan bisnis, supaya nampak sederhana tapi tetap terpercaya. Bila perlu, Anda bisa menyewa jasa seorang profesional di bidang desain untuk membantu merancang logo atau konten lainnya.

Bangunlah basis pengguna potensial di Twitter

Jika bisnis Anda termasuk bisnis yang masih baru, ada baiknya Anda berfokus pada membangun basis pelanggan yang kuat. Manfaatkanlah Twitter untuk membuat konten yang menarik dan sekaligus menjaring massa dalam waktu yang relatif cepat.

Follow para ahli di bidang bisnis yang Anda tekuni dan orang-orang yang ada dalam koneksi mereka. Tujuannya, agar Anda mendapat lebih banyak ilmu dalam mengembangkan bisnis.

Evaluasi konten yang sudah diunggah

Lakukanlah identifikasi traffic dari konten yang Anda unggah ke publik. Cobalah aplikasi bernama BuzzSumo untuk melakukan penilaian tersebut. Dengan aplikasi ini, Anda bisa memperkirakan jumlah aktivitas serta target traffic yang ingin Anda raih melalui sebuah konten. Bahkan, sebelum konten-konten tersebut dirilis. Jangan lupa, pastikan kualitas konten yang akan Anda rilis sudah baik, agar bisa menjangkau traffic setinggi mungkin.

Sertakan tautan yang kredibel

Konten yang menarik dan unik memang sangat perlu untuk mendorong strategi pemasaran Anda. Namun, jika terlalu sering membuat konten tanpa sumber yang jelas, kredibilitas bisnis Anda akan dipertaruhkan.

Masukkanlah tautan-tautan yang memang bisa dipertanggungjawabkan. Pastikan Anda juga membuat tautan yang menarik dan edukatif untuk pengunjung situs, supaya mereka tidak bosan untuk datang kembali.

Jika pengunjung terus 'ketagihan' dengan isi situs Anda, maka dapat dipastikan brand awareness dan traffic juga akan ikut terkerek.

Jangan takut untuk memasang iklan berbayar

Kunci dari pemasaran yang efektif terletak pada keaktifan Anda dalam menggaet minat calon pelanggan akan produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, jangan pernah berpikir bahwa pemasaran organik saja dapat dengan cepat membangun bisnis Anda. Manfaatkanlah iklan berbayar. Pasanglah iklan di banyak tempat atau situs strategis lain yang kemungkinan besar akan dikunjungi pelanggan potensial Anda.

Anggaplah ini sebagai suatu investasi bisnis yang nantinya akan berbuah manis. Tidak ada salahnya mencoba iklan berbayar untuk mempercepat tercapainya mimpi Anda dalam membangun bisnis yang besar dan sukses.
 

Rekomendasi bacaan:
Latih AI, Facebook gunakan jutaan konten Instagram untuk kenali gambar
AR dan mobile payment jadi pasangan serasi, mengapa demikian?
5 startup ini raih pendanaan terbesar

 

Sumber:
socialmediaexplorer.com
socialmediaexaminer.com
vendasta.com
wordstream.com
nolamediagroup.com

Tags: pemasaran, sosmed, medsos, media sosial

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang