Media

3 tips kembangkan website dengan tren pencarian suara
By Widyanto Gunadi - 8 May 2018
63 Views

Dua tahun lagi, atau pada 2020, diperkirakan pencarian data dan informasi melalui Internet dengan suara akan semakin berkembang. Berdasarkan pernyataan yang dirilis oleh Amazon, Echo Dots – perangkat pabrikan yang menampilkan virtual assistants Alexa – banyak terjual selama liburan dan menjadikannya produk terlaris di situs web mereka. Virtual assistants seperti Siri dan Alexa memang semakin sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan mengubah cara masyarakat menjelajahi web. 

Tak diragukan, jika nantinya pencarian suara semakin berkembang. Biasanya, pencarian suara akan menghasilkan satu hingga empat hasil untuk mencegah pengguna dari keharusan menggulir halaman dan halaman hasil. Hasilnya mungkin memiliki rasio klik-tayang yang lebih tinggi, karena hanya ada beberapa hasil yang ditampilkan. Lalu, bagaimana langkah untuk memajukan website seiring dengan perkembangan pencarian suara?

 

Masukkan informasi di situs-situs ini
Anda bisa mencoba memasukkan informasi yang ingin Anda bagikan, pada situs-situs penyedia informasi bagi virtual assistants. Siri, misalnya, mendapat informasi transaksional dari Opentable, CitySearch, Yelp, Yahoo! Lokal, ReserveTravel, dan Tripadvisor. Bayangkan jika Anda memiliki sebuah restoran, maka Anda akan berusaha untuk terdaftar di Opentable, Yelp dan Tripadvisor.

Langkah ini berpotensi meningkatkan kemungkinan restoran ditampilkan di mesin pencari. Anda juga sebaiknya berinvestasi dalam mencoba mendapatkan klien untuk meninjau restoran di Yelp dan Tripadvisor. Sehingga, ketika para pengunjung mengklik, mereka akan melihat informasi yang relevan dan terbaru di restoran. Hal ini bisa meningkatkan bisnis Anda seiring perkembangan pencarian dengan suara.

 

Susun strategi SEO local

Susunlah strategi search engine optimization (SEO) yang sifatnya lokal. Sebab, virtual assistants melayani konten khusus berdasarkan lokasi. Anda pasti ingin mereka menilai bisnis atau layanan Anda relevan untuk para pelanggan di wilayah Anda. Lalu, Anda pun bisa membagikan informasi lanjutan, termasuk lokasi bisnis, harga, pengelola toko, dan nomor telepon.

Pastikan Anda mencantumkan semua layanan dan lokasi yang dioperasikan bisnis Anda. Testimonial, akreditasi, dan ulasan eksternal juga akan membantu Anda mendapatkan kredibilitas. Nah, strategi SEO lokal juga disarankan untuk memajukan website Anda dengan perkembangan pencarian suara tersebut.

 

Jadikan situs dan konten Anda mobile friendly 

 Anda perlu menjadikan situs Anda mobile friendly semaksimal mungkin karena smartphone adalah perangkat utama tempat orang melakukan penelusuran suara. Anda dapat menggunakan uji Google Mobile Friendly untuk melihat kinerja situs Anda. Tes ini akan menunjukkan poin-poin spesifik yang perlu Anda tingkatkan. Anda juga perlu fokus untuk menjadikan konten Anda mobile friendly. Dengan menjadikannya mobile friendly, website Anda akan lebih maju seiring perkembangan pencarian suara.

 

Apakah hal ini membuat Anda lebih antusias? Tak ada salahnya mencoba untuk mengembangkan website Anda agar lebih mudah dijangkau dengan perkembangan pencarian suara.?

 

Rekomendasi bacaan:
5 cara optimalkan media sosial untuk pemasaran
3 pilar ini topang industri digital Indonesia
Manusia vs. Internet: Siapa yang salah?

 

Sumber:
thenextweb.com

Tags: website, pencarian suara, virtual assistant

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang