Media

10 tanda kamu benci pekerjaanmu
By Maria Yuniar - 16 September 2018
6 min read 1113 Views

Semua karyawan pasti pernah mengalami masa-masa sulit saat bekerja. Penyebabnya pun beragam. Mulai dari atasan yang susah dimengerti, hingga lingkungan kerja yang tak sehat. (Baca juga: 6 alasan karyawan meninggalkan pekerjaan yang disukainya)

Karena itu, hari-harimu di kantor terasa sangat berat dan kamu mulai membenci pekerjaanmu. Padahal, ada kalanya juga kamu sebenarnya hanya merasa jenuh dan butuh rehat sejenak. Namun, kejenuhan tersebut kamu salah artikan sebagai kebencian. Jadi sebenarnya, apa saja tandanya jika kamu sudah mulai benci pekerjaanmu? Berikut ini sepuluh tanda bahwa kamu tak lagi menyukai pekerjaanmu.

 

Berat meninggalkan akhir pekan

Bahkan ketika kamu mengerjakan pekerjaan yang kamu suka, hari Minggu tetap terasa sangat berat untuk ditinggalkan. Hal tersebut sebenarnya wajar-wajar saja. Namun, bila hal itu terjadi pada setiap akhir pekan, itu tandanya kamu mulai membenci pekerjaanmu. (Baca juga: Bagaimana caranya dapat pekerjaan yang selalu bikin bahagia?)

 

Kondisi kesehatan menurun

Kamu mulai memiliki jerawat dan penyakit lain yang baru muncul? Atau justru kamu sulit tidur? Hal tersebut dapat menandakan bahwa kamu mulai depresi karena banyak rutinitasmu yang berubah. Karena itu, periksalah kondisimu segera ke dokter. (Baca juga: Pilih mana, pekerjaan baru atau promosi kerja?)

 

Hilangnya minat 

Ketika hari-harimu di kantor mulai terasa berat, berarti ada hal yang mulai berubah. Untuk mengatasinya, gunakanlah kemampuan yang kamu miliki untuk membantu orang lain dan meraih pencapaian yang tak bisa orang lain dapatkan.


Sumber: 50-best.com

 

Performa tak sebaik biasanya

Mungkin sekarang kamu sering membuat kesalahan kecil atau tak terlalu tertarik lagi dengan pekerjaanmu. Bila kamu sudah merasa tak bisa bekerja maksimal sekarang, ini mungkin pertanda bahwa kamu harus menemukan peluang atau rutinitas baru.

 

Banyak mengeluh

Mengeluh tentang pekerjaan sebenarnya hal yang lumrah. Namun, bila kamu terlalu banyak mengeluh, itu bisa jadi pertanda bahwa kamu mulai membenci pekerjaanmu.

 

Sulit konsentrasi

Sebenarnya, tak terlalu sulit untuk berkonsentrasi pada pekerjaan yang kamu senangi. Justru membenci pekerjaan malah menghabiskan lebih banyak energi. Namun, bila kamu sudah terlanjur membenci pekerjaanmu saat ini, mungkin itu penyebabnya kamu tak memiliki banyak energi untuk berkonsentrasi.

 

Hidup tak seimbang

Di pekerjaan yang sekarang, banyak kebiasaan makanmu yang mulai tak teratur. Kamu juga sudah jarang berolahraga dan tak lagi rutin mengkonsumsi makanan sehat. Hal ini berarti pekerjaanmu telah menyita banyak waktu dan kamu perlu memikirkan kembali betapa pentingnya hidup dan bekerja dengan seimbang.

 

Gaji jalan di tempat

Sulit untuk merasa diapresiasi oleh atasan bila gajimu tak naik-naik padahal kewajibanmu di kantor telah bertambah banyak. Karena itu, wajar saja bagimu untuk mengajukan kenaikan gaji. Kekecewaanmu terhadap nominal gaji yang terus jalan ditempat pun bisa dimaklumi.

 

Tak punya energi untuk diri sendiri

Mungkin karena terlalu depresi dengan pekerjaan, kamu jadi kehabisan energi untuk mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan diri sendiri. Misalnya, hobi atau jalan-jalan dengan keluarga.

 

Merasa selalu bekerja

Pekerjaan yang tak kamu sukai juga akan menguras waktu pribadimu. Padahal, pekerjaan yang baik selalu memikirkan betapa pentingnya kerja dan hidup dengan seimbang. Bila pekerjaanmu sekarang seperti demikian, ini saatnya kamu untuk mengubah sistem yang ada, atau mundur.


Sumber: entrepreneur.com

 

Pada intinya, terlalu lama menjalani pekerjaan yang tidak kamu sukai akan menumbuhkan rasa jengkel. Kondisi tersebut tentu tak berdampak baik bagi dirimu. Karena itu, segera lakukan sesuatu jika kamu mulai merasakan sepuluh tanda di atas. Salah satunya adalah bergabung dengan talent marketplace EKRUT. Di sana, ada berbagai peluang dari ratusan perusahaan termasuk startup untukmu.

 

Rekomendasi bacaan:
6 JavaScript charting library untuk visualisasi data
HRD harus bagaimana menghadapi "perang harga" kandidat?
6 tips meeting untuk developer

 

Sumber:
thebalancecareers.com
qerja.com
kompas.com

Tags: gaji, bekerja, kantor, pekerjaan

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang