Media

Tahun 2019 nanti akan ada iklan di "Status" WhatsApp
By Nelson Simbolon - 14 December 2018
4 min read 58 Views
 Aplikasi WhatsApp akan menampilkan iklan pada fitur Statusnya
 Aplikasi WhatsApp akan menampilkan iklan pada fitur Statusnya

Tahun 2019 nanti, aplikasi pesan singkat WhatsApp akan menampilkan iklan pada layanannya. Vice President WhatsApp, Chris Daniels, mengatakan bahwa iklan-iklan di aplikasi WhatsApp akan muncul pada fitur Status.“Kami akan menampilkan iklan di fitur Status. Langkah ini akan merupakan upaya monetisasi bagi perusahaan dan peluang bagi para pebisnis untuk meraup massa pengguna aplikasi WhatsApp yang banyak,” kata Daniels.

 

Mirip dengan iklan Instagram Stories

Nantinya, fitur iklan pada Status ini akan tampil seperti iklan-iklan yang sudah lama muncul di Instagram Stories. Pasalnya, iklan-iklan yang muncul di Instagram dapat melacak gerak-gerik pengguna untuk menampilkan jenis iklan yang relevan berdasarkan pencarian pengguna dan minat mereka. Meski begitu, belum ada kejelasan apakah aplikasi WhatsApp akan menggunakan taktik serupa atau tidak.

 

Iklan WhatsApp untuk menambahkan pendapatan Facebook 

Keputusan aplikasi WhatsApp ini sebenarnya tak bisa dibilang mengejutkan mengingat para pegiat teknologi sudah memprediksi hal ini semenjak Facebook mengakuisisi aplikasi WhatsApp pada 2014 lalu seharga US$ 22 miliar atau setara dengan Rp 330 biliun. Namun, setelah diakusisi, WhatsApp dilaporkan gagal menghasilkan pendapatan bagi Facebook. Alhasil, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, berusaha untuk mengganti model bisnis aplikasi WhatsApp dengan menyediakan tempat untuk beriklan. Padahal, sejak pertama kali diluncurkan, Acton berusaha untuk tidak menampilkan iklan pada  aplikasi WhatsApp agar pengguna tak merasa terganggu. Karena itu, WhatsApp dikenal sebagai layanan yang bebas iklan.

 

Co-founder WhatsApp hengkang

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Forbes, Acton mengatakan bahwa ia tak senang dengan iklan dalam layanan aplikasi WhatsApp bersama dengan layanan  WhatsApp Business. Karena hal itu pula, co-founder WhatsApp, Brian Acton, memutuskan untuk hengkang dari perusahaan yang selama ini identik dengan dirinya pada November 2017. Acton meninggalkan aplikasi WhatsApp setelah mengetahui bahwa Zuckerberg ingin memonetisasi layanan aplikasi aplikasi aplikasi WhatsApp dengan sederet iklan.

Di samping itu, iklan pada Status aplikasi WhatsApp sudah tersedia pada Android beta versi 2.18.30. Karena itu, saat ini, para pengguna aplikasi WhatsApp yang bukan versi beta masih bisa bernafas lega.

 

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: Technology, WhatsApp

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang