Media

Siapkan resolusi sebelum tahun baru, ini alasannya!
By Maria Yuniar - 25 September 2018
5 min read 81 Views

Mengapa kita perlu untuk membuat resolusi? Baik itu untuk bisnis, karier, kesehatan, keuangan, kehidupan sosial, maupun hobi. Sebab, resolusi yang kamu tetapkan, akan mempengaruhi berbagai aktivitas dan rencanamu di kemudian hari. Sebenarnya, kamu pun tidak perlu menunggu pergantian tahun untuk menyiapkan resolusimu yang memang penting. (Baca juga: Jika kamu mengalami 8 tanda ini, artinya kamu butuh cuti secepatnya!)

Orang-orang sukses ternyata tidak menyiapkan resolusi setelah malam tahun baru berlalu. Mereka menyiapkan target jangka pendek sebagai evaluasi terhadap pencapaian diri sendiri. Seorang profesor dari John Hopkins University, Wendy Osefo mengatakan, resolusi bisa membantu setiap orang fokus dan termotivasi. Apa saja sih manfaat yang bisa kamu rasakan dengan menetapkan resolusi sebelum pergantian tahun?

 

Resolusi membantumu menata berbagai aktivitas

Kebanyakan orang berlomba-lomba menyelesaikan tumpukan pekerjaan mereka menjelang libur, termasuk sebelum tahun baru. Hal ini pun berdampak pada perusahaan, yang juga ingin menyelesaikan setiap pekerjaan secepatnya. Bagaimana kamu bisa melakukan hal ini? Caranya dengan membuat target yang masuk akal bagi dirimu sendiri, yang bisa kamu lakukan di pertengahan tahun. Sebab saat tahun baru datang, belum tentu semua karyawan di perusahaan tempatmu bekerja, memiliki semangat kerja yang sama. 

Co-founder dan co-host dari podcast Pretty Electric, Dara Kaplan menjelaskan, setiap orang bisa tertekan dengan target yang setinggi langit. Padahal, tak seharusnya seperti itu. Kamu hanya perlu membagi-bagi resolusimu ke dapan tahapan-tahapan tertentu. Jadi, kamu bisa mulai merealisasikannya setiap hari.


Sumber: sayingimages.com

 

Target lebih cepat dicapai

Osefo mengungkapkan, banyak orang yang "kebakaran jenggot" pada bulan pertengahan tahun. Katakanlah, bulan Juli. Sebab, ternyata selama enam bulan pertama, mereka belum melakukan apa pun untuk mencapai resolusi. Misalnya, target menurunkan berat badan, maupun liburan keliling Eropa. Orang-orang sering melihat jangka waktu satu tahun sebagai waktu yang cukup untuk mencapai target mereka. Ternyata, ini tak selamanya sukses. 

Kamu bisa membuat resolusi di bulan Oktober. Karena hanya memiliki tiga bulan sebelum pergantian tahun, maka kamu akan merasa lebih termotivasi untuk mencapai semua targetmu. Osefo memberikan saran. Saat kamu menentukan resolusi di bulan Oktober, bagilah ke dalam beberapa target yang bisa kamu capai di tiga bulan terakhir dalam tahun itu. 

Selanjutnya, lakukan evaluasi pada awal November dan Desember. Dengan demikian, kamu bisa melihat progres dari pencapaianmu. Terus lakukan evaluasi hingga seluruh resolusimu tercapai.

 

Jadi lebih fokus

Seorang praktisi karier, Wendi Weiner menyarankan untuk membuat daftar target yang belum berhasil kamu raih. Mungkin saja, kenaikan gaji. Nah, tiga bulan terakhir dalam tahun tertentu bisa menjadi sebuah momentum bagimu untuk lebih fokus mengejar kenaikan gaji. Jika kamu belum mendapatkan kenaikan gaji di perusahaan tempatmu bekerja saat ini, kamu bisa memperbarui resume dan portofoliomu untuk mendapatkan peluang baru. Kamu pun bisa bergabung dengan talent marketplace EKRUT untuk memperoleh berbagai peluang dari ratusan perusahaan, termasuk startup.

 

"Mencuri" start

Kamu mungkin belum terbiasa menentukan resolusi di bulan Oktober. Namun percayalah, langkah ini membuatmu lebih siap menghadapi tahun berikutnya. Kaplah menjelaskan, jika kamu membuat resolusi pada bulan Oktober, kamu sudah "mencuri" start dan pada Januari di tahun berikutnya, progres yang kamu lakukan sudah terlihat. Dengan adanya progres tersebut, kamu tentu akan lebih termotivasi dan tidak mudah menyerah untuk mencapai target-targetmu. Jadi ketika bulan Januari tiba, kamu hanya perlu memikirkan kuartal kedua tahun tersebut. 

 

Membantumu siapkan target lebih besar

Tak ada yang melarangmu memiliki mimpi besar. CEO dan founder reacHIRE, Addie Swartz mengungkapkan, menentukan resolusi pada bulan Oktober akan membuatmu mencapai semua target. Dari target yang paling kecil hingga yang sangat mustahil untuk dicapai. Misalnya saja, kamu ingin melampaui target penjualan di akhir tahun dan menjadi seorang manager tiga tahun mendatang. Saat kamu menyadari, bahwa setiap langkah yang kamu lakukan, mendekatkanmu pada target besar dalam hidupmu, kamu akan melihat bahwa tidak ada resolusi yang mustahil dicapai.

 

Rekomendasi bacaan:
Dengan strategi konten dan SEO, website milikmu akan berkembang
EKRUTmeets #*: Engagement jadi kunci kurangi turnover karyawan
5 cara promosikan konten dengan efektif

 

Sumber:
fastcompany.com

Tags: target, tahun baru, resolusi

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang