Register

startup

Saham Alibaba Group merosot karena aturan regulasi China

Nur Lella Junaedi

01 January 2021

Saham-Alibaba-Group-merosot-karena-aturan-regulasi-China-EKRUT.jpg

Saham Alibaba merosot ke level terendah 9 persen sejak Juni pada beberapa waktu lalu. Setelah perusahaan milik Jack Ma tersebut melakukan buyback saham menjadi 10 milyar AS dollar. 

Peristiwa ini gagal meredam penurunan harga saham karena kekhawatiran tentang aturan regulasi yang diberikan oleh pemerintahan China kepada perusahaan. 

Pasalnya pemerintah China menyampaikan adanya praktik monopoli yang dilakukan oleh perusahaan e-commerce Alibaba maupun layanan Alibaba Cloudnya. 

Bentuk dari monopoli itu mengharuskan pedagang untuk menandatangani perjanjian yang isinya mereka setuju untuk tidak menjual produk pada platform pesaing Alibaba. 

Aksi buyback dalam dua sesi ini pun telah menjatuhkan hampir 116 miliar AS dollar dari saham perusahaan tersebut yang terdaftar di pasar saham Hongkong. 

Baca juga: Tahukah Anda, 2 merek terbesar dunia berasal dari Tiongkok?

Bahkan penurunan meningkat saat regulator China mengumumkan penyelidikan pada hari Kamis dan memanggil afiliasi Ant Group yang membuat saham Alibaba di Amerika juga merosot 15 persen sepanjang hari.    

Sebelumnya bulan lalu, regulator China meminta perusahaan membatalkan penawaran saham perdana atau  IPO Ant Group pada menit-menit terakhir yang bernilai 37 milyar AS dolar di pasar Hongkong dan Shanghai. 

Padahal pencatatan saham Ant Group tersebut mencetak rekor terbesar di dalam sejarah listing di bursa saham dunia. 

Tentunya isu ini membuat investor Alibaba Group gelisah selama beberapa pekan terakhir. Saham Alibaba pun diperdagangkan dengan nilai yang lebih rendah di pasar saham.  

Terakhir harga saham Alibaba Group di listing Amerika ditutup pada nilai 222 AS dolar.

saham alibaba group merosot karena aturan regulasi china EKRUT

Sumber: 

 

Tags

Share