Register

events

Habibie meninggal dunia pukul 18.05 dan akan disemayamkan di Patra Kuningan

Tsalis Annisa

12 September 2019

habibie-meninggal-EKRUT.jpg

Kabar duka datang dari Presiden Republik Indonesia yang ketiga yaitu, Prof. Dr. Ing. H. Bachruddin Jusuf Habibie, FREng atau yang lebih dikenal dengan BJ Habibie. Tepatnya pukul 18.05 WIB Habibie menghembuskan napas terakhirnya dalam usia 83 tahun di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto pada hari ini (11/9). 

Sebelum Habibie meninggal, Habibie telah menjalani perawatan intensif di ICU rumah sakit sejak 1 September 2019. Habibie pun sempat ditangani oleh beberapa tim dokter spesialis seperti jantung, ginjal, dan penyakit dalam. 

Adapun penyebab meninggalnya Habibie adalah gagal jantung. Bahkan sebelum dirawat di RSPAD Habibie pun sempat mengalami kebocoran klep jantung dan dirawat di Jerman. 

Dilansir dari IDNTimes, Thareq Kemal Habibie yang merupakan putra bungsu Habibie mengatakan bahwa Habibie aja disemayamkan di kediamannya di kawasan Patra Kuningan dan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Gagal jantung adalah kondisi di mana otot jantung gagal untuk memompa dasar dengan baik. Kondisi seperti tekanan darah tinggi atau arteri jantung yang menyempit dapat membuat jantung melemah dan tidak dapat memompa dengan efesien. 

Adapun gejala yang mungkin nampak di antaranya seperti, kelelahan, sesak napas, jatung berdetak kencang, berkurangnya kemampuan untuk berolahraga, dan sakit dada. 

Selain disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan, penyakit jantung juga bisa dipicu oleh gaya hidup yang kurang sehat. Misalnya saja konsumsi minuman beralkohol, diet yang tidak sehat, dan kurangnya aktifitas fisik. 

Penyakit jantung bahkan menjadi salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia. Bahkan berdasarkan hasil Riset menunjukkan bahwa setidaknya 12.9% kematian diakibatkan oleh penyakit jantung koroner. 

Itulah mengapa makan makanan sehat dan aktif berolahraga merupakan hal yang penting untuk diterapkan sedari dini. Terlebih lagi bagi pekerja kantoran yang dapat menghabiskan waktu yang cukup lama untuk duduk bekerja di depan komputer. 

Selamat jalan, Pak Habibie. Terima kasih telah menginspirasi Bangsa Indonesia dan membuat Indonesia menjadi lebih baik. 

Last updated: 12 September 2019

Rekomendasi bacaan: 

Tags

Share