Media

Kampanye besar Google untuk Indonesia, apa manfaatnya untuk negeri ini?
By Nelson Simbolon - 13 December 2018
4 min read 12 Views

Pernahkah kamu berfikir mengenai pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di masa mendatang? Perusahaan raksasa teknologi, Google justru memprediksi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia tumbuh empat kali lipat di tahun 2025 yang akan mencapai angka 100 miliar dollar AS. Ditambah dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang mencanangkan Indonesia bisa menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara sehingga Google pun ikut mewujudkan target untuk bekerjasama dengan startup lokal hingga pemerintah.

 

Agenda Google for Indonesia

Untuk mewujudkan visi masa depan Indonesia, dibuatlah agenda Google for Indonesia yang berlangsung di Jakarta pada 4 Desember 2018. Google Indonesia telah menjalin kerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Kementerian Perindustrian untuk melakukan pembinaan terhadap startup lokal yang potensial. Beberapa program yang telah terwujud adalah program lokakarya Gapura Digital dan Woman Will yang kini merambah 12 kota di Indonesia.

Mengapa pemerintah dan Google begitu antusias dengan startup atau UMKM? Hal ini karena UMKM lokal menyumbang lebih dari separuh pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia. Transformasi UMKM atau startup yang menjadi digital mengalami pertumbuhan pendapatan hingga 80 persen lebih cepat.  Dari sinilah, Google menetapkan target ambisius untuk menambah peserta pelatihan dari lebih satu juta usaha menjadi 2 juta hingga akhir 2020. Mereka sangat yakin melalui kerja sama yang kuat, melalui lembaga kementrian bisa bersama-sama mencapai target ini.

Lokakarya Menteri Pariwisata, Arief Yahya yang juga turut hadir dalam sesi tersebut, juga mengungkapkan jika UMKM sangat berpengaruh bagi pertumbuhan industri pariwisata Indonesia. Ia mengatakan bahwa, dari 55-60 juta UKM yang ada di Indonesia, 15 persennya bergerak di sektor pariwisata. Ke depan, Arief mengharapkan akan ada 1.150.000 UKM di sektor pariwisata yang dibina Google. Pada awal Januari lalu, Indonesia masuk dalam daftar 20 negara dengan pertumbuhan industri pariwisata tercepat di dunia menurut World Travel Tourism Council (WTTC).

 

Digitalisasi UMKM

Langkah selanjutnya selain lokakarya, Google juga memperbarui aplikasi Google Bisnisku untuk mendigitalisasi UMKM. Tujuannya ialah untuk memperlancar bisnis kecil guna memanfaatkan digitalisasi yang mengubah para pencari produk di dunia maya menjadi pelanggan yang mendatangkan pendapatan. Aplikasi yang dirilis sejak tahun 2014 ini, telah diperbarui dengan beberapa fitur baru. Misalnya saja dengan munculnya tombol "Post" yang memungkinkan pelaku bisnis mengunggah foto, membuat penawaran atau acara dan menambahkannya di Profil Bisnis di Google.

Pengguna juga bisa mengelola informasi bisnis di Google dari tab Profil dan langsung melihat perubahannya di Google Search atau Google Maps. Fitur lain yang ditelurkan adalah "Messaging" di mana pelaku bisnis dan calon konsumen bisa saling berkomunikasi secara langsung. Konsumen juga bisa mengikuti Profil Bisnis pelaku bisnis di Google dan menulis ulasan tentang produk atau jasa yang dijual.

Dengan demikian, support dan kampanye Google untuk Indonesia patut diacungi jempol. Sebagai masyarakat yang mendukung digitalisasi, kita pun harus lebih giat mengembangkan digital bahkan menggali sebanyak informasi demi kemajuan Indonesia dalam pertumbuhan ekonomi digital.

 

Rekomendasi bacaan:

 

Sumber:

Tags: Technology, Search Engine, Google

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang