Media

Experian pimpin investasi Seri C bagi perusahaan induk CekAja.com
By Maria Yuniar - 1 August 2018
3 min read 79 Views
Sumber: CekAja.com
Sumber: CekAja.com

Perusahaan layanan informasi dan analitik global Experian, memimpin pendanaan Seri B senilai US$ 28 juta (sekitar Rp 404 miliar) untuk perusahaan induk CekAja.com, yaitu C88 Financial Technologies Group (C88). Selain itu, ada enam investor lainnya, yaitu ResponAbility Investments AG, InterVest, DEG, FengHe Fund Management, Pelago Capital, serta Fuchsia Venture Capital.

Monk's Hill Ventures, Telstra Ventures, Kejora Ventures, dan Kickstart Ventures pun sebagai investor terdahulu, ikut dalam pendanaan Seri C ini. Ternyata, selama ini Indonesia menjadi salah satu pasar utama Experian di Asia Tenggara, lho!

 

Indonesia miliki kekuatan inklusi keuangan

Sejak hadir di Tanah Air pada 2015, pertumbuhan pendapatan Experian Indonesia mengalami peningkatan. Perusahaan tersebut pun berencana menggandakan tim di Indonesia, melalui kemitraan dengan sejumlah penyedia jasa keuangan dan teknologi.

Managing Director Asia Tenggara & Emerging Markets, Experian Dev Dhiman menyatakan Indonesia merupakan negara dengan fokus inklusi keuangan yang kuat. Selain itu, Indonesia juga dianggap paling maju secara digital di kawasan Asia Tenggara. Dhiman mengungkapkan, dengan membangun ekosistem data di dalam negeri, dengan tidak adanya data keuangan tradisional, konsumen akan lebih mudah mendapat akses keuangan. Experian berharap langkah-langkah tersebut mampu mendorong kemajuan ekonomi di Indonesia.

 

Teknologi dari Experian untuk CekAja.com

Melalui investasi dan kerja sama strategis, Experian menghadirkan teknologi dalam demand generation, analitik, serta digital on-boarding untuk CekAja.com, untuk dimanfaatkan lembaga-lembaga keuangan. Melalui kemitraan ini, para konsumen di Indonesia, terutama yang belum banyak memiliki riwayat keuangan, akan diarahkan pada produk yang sesuai preferensi mereka. 

CEO Asia Pasifik Experian, Ben Elliot mengatakan, setidaknya 48 persen dari 600 juta orang di Asia Tenggara telah menikmati akses perbankan. Meski demikian, sistem perbankan tradisional selama ini masih menjadi kendala pelaku bisnis dalam meminjam maupun meminjam yang. Tentu saja kondisi ini mempengaruhi kemajuan sosial dan ekonomi.

 

Jangkau 25 juta konsumen Indonesia

CekAja.com sebagai penyedia layanan finansial, mengklaim telah menjangkau 25 juta konsumen dalam negeri sejak didirikan. Co-founder dan Group CEO CekAja.com, John Patrick Ellis menyatakan bangga bisa mendapatkan salah satu putaran terbesar Seri C fintech di Asia Tenggara. Ellis mengungkapkan, saat ini di Indonesia dan Filipina saja ada lebih dari 350 juta konsumen.

 

Rekomendasi bacaan:
Raih pendanaan Seri B, Investree kembangkan teknologi dan ekspansi
Jangan putuskan resign pada masa-masa ini
Apa saja yang harus kamu tahu soal 5G?

 

Sumber:
Siaran Pers: Experian Menandatangani Kemitraan Strategis Dengan CekAja.com, Meningkatkan Akses Keuangan Kepada Konsumen dan Pelaku Bisnis di Indonesia, 1 Agustus 2018

Tags: startup, investor, fintech, C88, CekAja.com, Experian

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang